Analisis Produk Desain Grafis

 

ANALISIS PRODUK DESAIN GRAFIS ALBUM PERTAMA DARI BOYGROUP BERNAMA NCT DREAM NAUNGAN SM ENTERTAINMENT

 



 

Disusun oleh :

Nama   : Rizka Ayu Millenia Putri

NPM   : 16118270

Kelas   : 3KA22

 

 

FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS GUNADARMA

2020/2021



 


BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1  Latar Belakang

Pada era ini, desain grafis memiliki kedekatan dengan kita. Tak dapat dipungkiri, ketika kita melihat sekeliling, kita pasti akan menemukan produk desain grafis. Dari majalah, brosur, logo, pamflet, dan masih banyak lagi. Desain grafis adalah sebuah proses komunikasi atau relasi yang menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, dan ilustrasi yang memiliki maksud guna membentuk persepsi akan suatu pesan yang ingin disampaikan. Singkatnya, desain grafis adalah alat komunikasi menggunakan beberapa media gambar untuk suatu pesan.

Salah satu produk yang memakai desain grafis adalah kemasan album Hot Sauce dari Boygroup asal Korea Selatan yaitu NCT Dream. Desain unik yang dihadirkan oleh SM Entertaintment berhasil menggebrak pasar music international karna konsep yang dikeluarkan sangat menarik. Karakter berupa botol saus yang sedang tersenyum dengan perpaduan warna cerah menambah kesan penuh warna dan keceriaan.

 

1.2  Tujuan

Paper ini bertujuan untuk mengetahui prinsip desain grafis yang digunakan pada kemasan Album Hot Sauce versi Jewel dari NCT Dream.




Gambar 1.2 Cover Album Hot Sauce

 

1.3  Ruang Lingkup Materi

Paper ini memiliki ruang lingkup dikalangan remaja dan media internet.

 


BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1 Prinsip-prinsip Desain Grafis

Terdapat lima prinsip desain grafis yaitu :

1.      Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan yang memiliki arti keseluruhan komponen desain haruslah seimbang. Keseimbangan tersebut berupa tulisan, warna, dan gambar yang tidak diperbolehkan berat sebelah.

2.      Kesatuan (Unity)

Kesatuan dalam prinsin desain grafis adalah kohesi, konsistensi, dan keutuhan yang merupakan part penting dari komposisi. Dengan prinsip kesatuan, nantinya akan tercipta kepaduan dan visual yang kuat.

3.      Ritme (Rhythm)

Ritme adalah pembuatan desain dengan prinsip yang menyatukan irama.

4.      Penekanan (Emphasis)

Didalam sebuah bentuk desain, akan terdapat hal yang lebih ditonjolkan dari hal lain.

5.      Proporsi

Proporsi adalah hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau bagian dengan elemen keseluruhan.

 

2.2 Prinsip Desain Grafis pada Kemasan Album Hot Sauce versi Jewel

Kemasan Album Hot Sauce versi Jewel memiliki karakter unik yang menjadi icon dari produk desain grafis tersebut. Icon yang ditunjukan melalui karakter Botol Saus adalah sebuah prinsip desain grafis yaitu emphasis atau penekanan. Karakter tersebut juga memiliki arti khusus yang menjadi alat penyampaian pesan untuk para pembelinya. Karakter saus pedas yang menyampaikan jika mencicipi saus pedas yang membuat semua indra terbuka karna kepedasan namun terdapat sensasi ketagihan secara bersamaan dan ujung-ujungnya susah lepas. Karna itu, kita akan membutuhkannya ketika kita ingin makan.

 

 

 


BAB III

KESIMPULAN

 

Desain grafis adalah sebuah proses komunikasi atau relasi yang menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, dan ilustrasi yang memiliki maksud guna membentuk persepsi akan suatu pesan yang ingin disampaikan. Terdapat lima prinsip desain grafis, yaitu keseimbangan, kesatuan, ritme, penekanan, dan proporsi. Salah satu contoh dari sebuah desain grafis dengan prinsip penekanan adalah album Hot Sauce versi jewel karya boygroup NCT Dream.

 

 



DAFTAR PUSTAKA

           

Endriana, Herita. 2021. “Makna Lagu NCT Dream ‘Hot Sauce’, Siap-Siap Kena ‘Racun’!”. https://gensindo.sindonews.com/read/424008/700/makna-lagu-nct-dream-hot-sauce-siap-siap-kena-racun-1620641138. Diakses pada 15 Juni 2020.

 

Putri, Dityatama. 2013. “Menyelami Prinsip-prinsip Desain Grafis”. https://idseducation.com/menyelami-prinsip-prinsip-desain/. Diakses pada 15 Juni 2020.

Comments

Popular posts from this blog

Intelligent Agent

Ilmu Sosial Dasar