Analisis Produk Desain Grafis
ANALISIS PRODUK DESAIN
GRAFIS ALBUM PERTAMA DARI BOYGROUP BERNAMA NCT DREAM NAUNGAN SM ENTERTAINMENT
Disusun oleh :
Nama : Rizka Ayu Millenia Putri
NPM : 16118270
Kelas : 3KA22
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2020/2021
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pada
era ini, desain grafis memiliki kedekatan dengan kita. Tak dapat dipungkiri,
ketika kita melihat sekeliling, kita pasti akan menemukan produk desain grafis.
Dari majalah, brosur, logo, pamflet, dan masih banyak lagi. Desain grafis
adalah sebuah proses komunikasi atau relasi yang menggunakan elemen visual,
seperti tipografi, fotografi, dan ilustrasi yang memiliki maksud guna membentuk
persepsi akan suatu pesan yang ingin disampaikan. Singkatnya, desain grafis
adalah alat komunikasi menggunakan beberapa media gambar untuk suatu pesan.
Salah
satu produk yang memakai desain grafis adalah kemasan album Hot Sauce dari
Boygroup asal Korea Selatan yaitu NCT Dream. Desain unik yang dihadirkan oleh
SM Entertaintment berhasil menggebrak pasar music international karna konsep
yang dikeluarkan sangat menarik. Karakter berupa botol saus yang sedang
tersenyum dengan perpaduan warna cerah menambah kesan penuh warna dan
keceriaan.
1.2 Tujuan
Paper
ini bertujuan untuk mengetahui prinsip desain grafis yang digunakan pada
kemasan Album Hot Sauce versi Jewel dari NCT Dream.
Gambar 1.2 Cover Album
Hot Sauce
1.3 Ruang
Lingkup Materi
Paper
ini memiliki ruang lingkup dikalangan remaja dan media internet.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Prinsip-prinsip
Desain Grafis
Terdapat
lima prinsip desain grafis yaitu :
1. Keseimbangan
(Balance)
Keseimbangan yang
memiliki arti keseluruhan komponen desain haruslah seimbang. Keseimbangan
tersebut berupa tulisan, warna, dan gambar yang tidak diperbolehkan berat
sebelah.
2. Kesatuan
(Unity)
Kesatuan dalam prinsin
desain grafis adalah kohesi, konsistensi, dan keutuhan yang merupakan part
penting dari komposisi. Dengan prinsip kesatuan, nantinya akan tercipta
kepaduan dan visual yang kuat.
3. Ritme
(Rhythm)
Ritme adalah pembuatan
desain dengan prinsip yang menyatukan irama.
4. Penekanan
(Emphasis)
Didalam sebuah bentuk
desain, akan terdapat hal yang lebih ditonjolkan dari hal lain.
5. Proporsi
Proporsi adalah hubungan
perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau bagian dengan elemen
keseluruhan.
2.2 Prinsip Desain Grafis
pada Kemasan Album Hot Sauce versi Jewel
Kemasan
Album Hot Sauce versi Jewel memiliki karakter unik yang menjadi icon dari
produk desain grafis tersebut. Icon yang ditunjukan melalui karakter Botol Saus
adalah sebuah prinsip desain grafis yaitu emphasis atau penekanan. Karakter
tersebut juga memiliki arti khusus yang menjadi alat penyampaian pesan untuk
para pembelinya. Karakter saus pedas yang menyampaikan jika mencicipi saus
pedas yang membuat semua indra terbuka karna kepedasan namun terdapat sensasi
ketagihan secara bersamaan dan ujung-ujungnya susah lepas. Karna itu, kita akan
membutuhkannya ketika kita ingin makan.
BAB
III
KESIMPULAN
Desain
grafis adalah sebuah proses komunikasi atau relasi yang menggunakan elemen
visual, seperti tipografi, fotografi, dan ilustrasi yang memiliki maksud guna membentuk
persepsi akan suatu pesan yang ingin disampaikan. Terdapat lima prinsip desain
grafis, yaitu keseimbangan, kesatuan, ritme, penekanan, dan proporsi. Salah
satu contoh dari sebuah desain grafis dengan prinsip penekanan adalah album Hot
Sauce versi jewel karya boygroup NCT Dream.
DAFTAR PUSTAKA
Endriana, Herita.
2021. “Makna Lagu NCT Dream ‘Hot Sauce’, Siap-Siap Kena ‘Racun’!”. https://gensindo.sindonews.com/read/424008/700/makna-lagu-nct-dream-hot-sauce-siap-siap-kena-racun-1620641138.
Diakses pada 15 Juni 2020.
Putri, Dityatama.
2013. “Menyelami Prinsip-prinsip Desain Grafis”. https://idseducation.com/menyelami-prinsip-prinsip-desain/.
Diakses pada 15 Juni 2020.
Comments
Post a Comment